"MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR"

MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR KITA

Sebagai makhluk sosial manusia tentu saja memerlukan kerja sama dengan manusiaa yang lain. Manusia tidak pernah bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dan kerjasama dengan manusia yang lain. Manusia membutuhkan suatu kelompok atau organisasi sebagai suatu jaringan informasi sosial antar sesama untuk menciptakan suatu ketertiban sosial. Dari interkasi - interaksi inilah nantinya akan muncul suatu lingkungan sosial. Dimana didalam suatu lingkungan sosoial manusia akan berbagai interksi sosial antar sesama, antar kelompok antar himpunn masyarakat. Dari sinilah akan timbul yang namanya kesadaran sosial. Dimana didalam kehidupan di masyarakat hal ini sangat diperlukan. Untuk apa? tentunya hal ini diperlukan untuk menjaga keserasian hidup, keharmonisan kerukunan antar anggota masyarakat dan juga menghindari dari hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan dalam lingkungan masyarakat. Untuk mewujudkannya perlu ada kerjasama kerjasama diantara sesama anggota masyarakat. Kerjasama itu dimasukkan untuk membuat dan melaksanakan aturan yang telah disepakati bersama oleh warga masyarakat. Aturan tersebut terwujud dalam bentuk norma-norma yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat. Sehingga akan bersifat memasaksa setiap anggota masyarakat untuk mematuhi aturan dan norma ynag telah disepakati bersama.
Namun seiring perkembangan zaman, IPTEK semakin berkembang pesat dan era globalisasi yang semakin mendunia sehingga sangat mempengaruhi terjadinya perubahan sosial yang ada di tengah lingkungan masyarakat. Hal itu sangat berpengaruh terhadap perilaku anggota masyarakat. Sehingga muncullah permasalahan-permasalahan sosial yang berkembang di lingkungan masyarakat sekitar kita. Semakin berkembangnya IPTEK di era globalisasi ini yang semakin pesat muncullah berbgai masalah sosial di tengah masyarakat  antara lain :

1.        Kasus Pencurian
Kasus pencurian bukan hal yang asing lagi. Semakin berkembangnya IPTEK,Semakin mendesaknya kebutuhan seperti naiknya harga bahan pokok, BBM dll sehingga menimbulkan niat pada anggota masyarakat untuk menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa menghiraukan aturanaturan dan norma yang ada dalam lingkungan masyaraka yang telah disepakati bersama.

2.        Balapan liar
Semakin bagusnya kondisi jalan yang ada di desa, menimbulkan banyak anak-anak yang remaja yang emosinya masih labil dan kebanyakan masih mengikuti tren, menjadikan jalanan yang sepi penduduk dan kondisinya bagus sebagi trek balapan ( drag). Padahal jika dilihat dari fungsinya, kegiatan tersebut sama sekali tidak bermanfaat bagi perkembangan anak usia remaja. Justru hal tersebut malah menimbulkan kerugian. Mulai dari diri sendiri maupun orang lain. Misal terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

3.        Peningkatan gaya hidup
Gaya hidup masyarakat selalu mengikuti perkembangan zaman. Masyaraat Indonesia sekarang ini lebih cenderung selalu meniru secara mutlak pengaruh barat yang masuk ke Indonesia (westernisasi), sehingga masyarakat Indonesia sekarang ini banyak yg berpola hidup kebarat-baratan terutama generasi muda.
  
4.        Merosotnya nilai-nilai moral
Di era globalisasi sekarang ini tingkah laku para remaja sangat miris sekali. Banyaknya kasus-kasus pelecehan seksual, anak-anak kecil sudah mulai merokok, mabuk dll. Anak-anak yang sudah tidak lagi mematuhi nasehat-nasehat orang tua. Tingkah laku, tata krama yang mulai rusak dan tidak lagi memperdulikan nasehat orang lain. Solusi untuk mengatasi kenakalan remaja dapat dilakukan dengan cara memberikan mereka sosialisasi.
             
            Masih banyak lagi permasalah-permasalahan sosial yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat. Dari uraian permasalahan sosial di atas, tampaklah bahwa permasalahn soaial tersebut perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Karena masyarakat sangat mengharapkan perubahaan yang lebih baik di lingkungan sosial mereka. Untuk itu pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama berperan aktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang terjadi di lingkungan sosial. Agar tidak memudarnya masyarakat adat, masyarakat desa yang pindah ke kota harus tetap melestarikan kebudayaan-kebudayaan adat yang mereka miliki di daerah asal mereka, agar kebudayaan adat mereka tidak pudar.

0 komentar:

Posting Komentar