Budaya dan Masyarakat "Semarak Kampoeng Betawi"

Depok - Apresiasi Masyarakat terhadap kebudayaan Betawi masih sangat tinggi. Hal ini terbukti dari antusiasme warga terhadap “Semarak Kampoeng Betawi” yang digelar di D’Mall Jl. Margonda Raya Kav.88, Depok.


Acara tersebut digelar di halaman D’mall lantai dasar. Acara berlangsung dari 6-9 November 2014 dimulai dari pukul 10.00-21.00WIB. Berbagai seni dan pertunjukan pun digelar untuk menyemarakkan acara ini. Diantaranya lomba mewarnai ondel-ondel, lomba abang-mpok cilik, tari topeng, rebut dandang, parade obor, palang pintu, pencak silat, gendang pencak, lenong betawi, layar tancap, live music, drums performer, dan wisata delman. Selain mendapat hiburan gratis masyarakat juga dapat menikmati jajanan di sepanjang stand. Mulai dari kerak telor, yang merupakan makanan khas betawi. Ada juga soto betawi, gado-gado betawi, asinan mester, gembang goyang, dodol betawi, geplak, es doger, roti buaya, selendang mayang dan masih banyak lagi stand-stand makanan yang lain.





Acara seperti ini memang perlu digalakkan. Mengingat di era globalisasi seperti sekarang ini banyak masyarakat yang mulai lupa akan budayanya sendiri. Sehingga Tujuan utama dari acara seperti ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa cinta akan budaya sendiri. Dengan begitu, masyakarat akan terus diingatkan agar selalu menjaga dan melestarikan kebudayaannya.

Ketua Pelaksana mengatakan,”Budaya merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, oleh karena itu acara seperti ini sangat perlu dilaksanakan secara kontinyu. Tidak hanya Budaya betawi saja, budaya-budaya yang lain pun juga harus turut dilestarikan agar tidak luntur dimakan oleh zaman.” Selain itu acara ini bisa digunakan sebagai ajang kreativitas bagi pelaku seni. Selain itu juga sebagai wadah untuk memotivasi masyarakat untuk mempilkan bakatnya di bidang seni.



0 komentar: