Proposal Bisnis

Proposal Bisnis





Nama Perusahaan             : Garuda Phoenix Technology
Alamat                              : Green Office Park (Sentul), Jalan Siliwangi No. 195, Sentul City, Bogor
Telepon                             : 0251 – 1042450



Ringkasan Eksekutif

Kami sebagai pemilik perusahaan dan pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan secara professional agar bisa menyelesaikan produk tepat waktu sekaligus bisa memasarkan produk kami dengan baik. Target produksi kami satu tahun ke depan adalah membuat 2 buah produk, yaitu: Sebuah satelit kaleng (cansat), drone (UAV) dan antena. Masing-masing produk akan kami selesaikan dalam waktu empat bulan.

Tujuan


Dalam menjalani usaha, kami mempunyai tujuan yang terencana dengan baik, yaitu tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Tujuan jangka pendek:
Kami akan membuat produk yang berbasis aeronatik dan sistem telekomunikasi , yaitu satelit kaleng(cansat), drone, dan antena. Pangsa pasar kami adalah kalangan umum dan instituti pendidikan, perusahaan broadcaster dan telekomunikasi serta badan yang berwenang dalam penanggulangan bencana.


Jangka menengah:
Dengan produk yang telah kami buat diharapkan masyarakat dan perusahaan terkait di bidangnya mendapatkan kemudahan akses jaringan telekomunikasi yang lebih baik menggunakan produk antena dari kami. Dengan produk satelite kaleng masyarakat dapat mendapatkan alternatif dalam akses telekomunikasi, pemetaan dan pendeteksian lokasi suatu bencana seperti kebakaran hutan dengan efektfif. Dengan drone bisa dimanfaatkan dalam jurnalisme, pembuatan video dan film serta sekedar menyalurkan hobi untuk kalangan komunitas dan masyarakat.

Jangka Panjang:
Kami akan terus berinovasi dalam produk kami, menjaga eksistensi, menambah kualitas produk yang sudah ada dan mengembangkan lagi dengan teknologi terbarukan serta menambah kualitas pelayanan jasa perusahaan kami agar perusahaan dapat bersaing dan bertahan dalam tantangan globalisasi.

Misi dan Visi Perusahaan


Visi :
Menjadi perusahaan yang unggul dalam pengembangan telecommunication dan aeronautics
Misi :  
n  Produk dan layanan yang berkualitas
n  Transformasi alternatif teknologi
n  Inovasi tanpa batas guna menjadikan produk unggul di dalam dan luar negeri


Sekilas Perusahaan

Garuda Phoenix Technology adalah perusahaan pengembangan teknologi telekomunikasi dan aeronatik yang membuat dan mengembangkan satelit kaleng(cansat), drone dan antena komunikasi yang berkualitas, dan selalu mengedepankan teknologi terbarukan.


Kepemilikan Perusahaan

Garuda Phoenix Technology adalah perusahaan bersama yang dimiliki oleh Adi Septiyawan, Joko Fristiyono.

Sejarah Singkat Perusahaan

Garuda Phoenix Technology adalah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang telekomunikasi dan aeronautik, khususnya pembuatan satelit kaleng, drone dan antena untuk  keperluan komunikasi, penelitian, jurnalistik, dan peneggulangan bencana. Didirikan pada 30 September 2010 oleh Adi Septiyawan dan Joko Fristiyono. Perusahaan ini berlokasi di kawasan Green Office Park (Sentul), Jalan Siliwangi No. 195, Sentul City, Bogor.


Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Garuda Phoenix Technology berlokasi di kawasan Green Office Park (Sentul), Jalan Siliwangi No. 195, Sentul City, Bogor. Tempat usaha berupa bangunan kantor dengan konsep green office 17 lantai dengan luas 45x10m sebagi kantor pusat dan tempat produksi dan maintenance bangunan kantor green office 3 lantai dengan luas 1500 meter persegi.

Produk

Garuda Phoenix Technology mempunyai 2 divisi produk, yaitu Aero Space dan Telecom Develop. Aero Space adalah divisi yang membuat satelite kaleng dan drone, sedangkan Telecom Develop adalah divisi yang membuat dan mengembangkan antena komunikasi.

Aero Space

n  Satelit Kaleng (Cansat)
n  Drone (UAV)

Telecom Develop

n  Antena Omni
n  Antena Grid
n  Antena Sektoral

Deskripsi Produk

Aero Space

n  Satelit kaleng(Cansat)
Satelit kaleng CanSat merupakan jenis muatan roket yang digunakan untuk pembelajaran teknologi angkasa. CanSat dapat juga disebut sebagai miniatur satelit. Tidak ada CanSat yang pernah meniggalkan atmosphere atau mengorbit bumi. CanSat umumnya memiliki volume berukuran minuman kaleng berdiameter 66mm, tinggi 115mm, dan bermassa dibawah 350g. Cansat akan ditanamkan kedalam roket, yang kemudian akan dilepaskan saat ketinggian tertentu setelah peluncuran roket. Komponen utama satelit Kaleng.
n Sensor GPS (Global Positioning System) sebagai representasi koordinat lokasi CanSat.
n Sensor Kamera sebagai pengambil citra yang tertangkap melalui kamera yang terdapat pada CanSat dan akan dikirimkan ke stasion bumi.
n Sensor IMU (Inertial Measurement Unit) sebagai representasi beberapa data telemetri sensor yang akan dikirimkan ke stasion bumi.
n Baterai sebagai sumber daya CanSat secara keseluruhan.
n Radio Telemetri dan Radio Kamera sebagai media antar muka yang dapat berkomunikasi antara CanSat dengan sistem yang berada di stasion bumi.
n GCS (Ground Control System) sebagai aplikasi yang memonitor dan menampilkan data telemetri serta memvisualisasi hasil citra yang streaming melalui kamera yang terdapat di CanSat.

n  Drone (UAV)
Drone ini merupakan peswat tanpa awak yang diterbangkan dengan remot atau dengan kontrol program secara otonatis. Drone memiliki beberapa jenis tergantung jumlah baling-baling, ada 3 baling-baling (3Copter), 4 baling-baling (Quadcopter), 6 baling-baling (Hexacopter) dan 8 baling-baling (Octacopter). Multicopter biasanya digunakan untuk berbagai kepentingan terutama fotografi dan membuat film karena baling-balingnya yang banyak sehingga cukup kuat untuk menopang berat kamera. Drone semakin banyak baling-balingnya maka akan semakin stabil dan kuat untuk menopang beban yang besar.

Telecom Develop

n  Antena Omni
Antena Omni berbentuk seperti tongkat tapi kecil. Cakupan antena ini menyebar ke semua lingkaran. Antena ini mempunyai sifat umum radiasi atau pancaran sinyal 360° tegak lurus ke atas. Berfungsi Melayani converage area yang luas tetapi dalam jangkauan yang pendek. Antena ini cocok untuk koneksi hotspot atau sistem point to multipoint (satu titik ke banyak titik).
n  Antena Grid
Antenna Grid adalah antena satu arah dan cocok digunakan untuk client ataupun jaringan point to point. Antenna ini berfungsi menangkap dan memperkuat sinyal jaringan tersebut. Pancaran antena ini lebih fokus pada titik  tertentu sesuai pemasangannya. Komponen penyusun antenna grid :
    a. Reflector (bagian belakang antenna) : pemantul sinyal, dengan panjang fisik     lebih panjang
          dari driven. Panjang biasanya adalah 0,55 λ (panjang gelombang).
     b.  Pole
     c.  Jumper : menghubungkan antenna dengan radio.
n  Antena Sektoral
Antena sektoral digunakan untuk access point to serve a point-point-to-multipoint (P2MP) links. Dapat menampung hingga 5 client. Antena ini ada yang vertikal dan horizontal. Pola pancaran horizontal kebanyakan memancar ke arah antena ini diarahkan sesuai jangkauan dari sudut pancarnya, sedangkan  bagian belakang antena tidak memiliki sinyal pancaran.

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk

Produk kami adalah produk berkualitas yang berbeda dalam bentuk penyajian dan karakteristiknya. Dengan penyesuaian perkembangan teknologi terabarukan kami selalu mengeluarkan produk-produk unggulan dengan spesifikasi tinggi yang mampu memenuhi kepuasan dan experience tersendiri untuk para konsumen serta mampu bersaing dengan produk luar negeri. Pada setiap penjualan produk kami, kami akan selalu memberikan garansi service gratis selama 1 tahun dan juga bonus spare part produk gratis bagi 5 konsumen pertama setiap pembelinya. yang tujuannya adalah menarik konsumen untuk menggunakan produk kami dengan maksimal. Untuk harga, kami akan menjualnya dengan beberapa range sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi tentunya dengan tujuan agar konsumen yang mampu membeli sesuai dengan kebutuhannya.

Analisis Pasar

Maraknya produk impor yang masuk ke dalam negeri dengan harga yang lebih terjangkau belum menjamin kualitas produk tersebut tinggi. Akan tetapi masyarakat mayoritas lebih memilih produk-produk tersebut hanya karena faktor brand luar negeri. Oleh karena itu kami membuat produk ini dengan dengan menawarkan spesifikasi tinggi dan juga user experience yang berbeda sehingga konsumen dapat menikmati sesuai kebutuhan dan tentunya kepuasan tersendiri akan produk dalam negeri.

Analisis Industri

Seperti yang diketahui bahwa telah cukup banyak perusahaan yang telah memasarkan produk sama, akan tetapi dari segi kualitas tentukan kami yakin bahwa produk kami dapat dapat bersaing di pasar di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan spesifikasi, mutu dan kualitas produk tinggi dan dengan user experience yang berbeda kami menawarkan hal yang baru kepada para konsumen sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Peramalan Pasar

Jika kelak tujuan jangka menengah kami sudah tercapai,tentunya kami akan berusaha memberikan inovasi terbaru dengan pengembangan teknologi terbarukan dan tetap berkomitmen menjaga mutu dan kualitas dari produk dan pelayanan kami.

Strategi Pemasaran

Kami menerapkan strategi pemasaran yang komprehensif meningkatkan penjualan perusahaan, termasuk melalui aktivitas komunikasi pemasaran serta pengembangan jaringan distribusi produk dan layanan. Serta mengajak rekan developer dan perusahaan lokal dan internasional dalam hal pemasaran produk kami melalui e-commerce maupun secara offline.

Organisasi

Perusahaan kami terdiri dari dua orang pendiri yang masing-masing akan mengepalai divisi yang dipimpinnya.

Divisi Produksi
§  Kepala Divisi Produk
Bertanggung jawab terhadap semua proses di Divisi ini
§  Pengawas Produksi
Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas.
§  Product designer
Bertanggung jawab dalam hal mendesign produk.
§  Programmer
Bertanggung jawab pada bagian software yang akan dipakai di  produk dan installasi software di lokasi pemakaiannya.
§  Engineer
Bertanggung jawab di bagian teknis pabrik.
§  Quality Control
Bertanggung jawab mengecek dan mengetes semua produk sebelum di pasarkan.

Divisi Keuangan dan Manajemen
n  Kepala keuangan dan manajemen
Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional
n  Estimator
n  Administrasi Keunangan (Finance)

Divisi Operasional dan Pemeliharan
n  Kepala operasional dan pemeliharaan
Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja. 
n  Pengawas Pelayanan Jasa
Bertanggung jawab dalam memberikan jasa pemasangan,perawatan, dan perbaikan yang berkualitas terhadap konsumen
n  Teknisi

Divisi Pemasaran
n  Kepala pemasaran
Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.
n  Humas
n  Marketing

        Struktur Organisasi








Estimasi Biaya

Biaya Investasi

Perlengkapan kantor
n  700 buah meja kerja
n  300 buah cabinet
n  1000 set kursi tamu
n  100 Dispenser
n  100 buah AC
n  10 meja tenis indoor
n  10 ring basket indoor
n  10 perpustakaan mini

Perangkat Keras
n  200 Scanner
n  300 Printer
n  150 kamera digital
n  10 Keyboard music
n  800 komputer apple mac OS
n  200 Scanner
n  620 Printer
n  800 keyboard dan mouse
n  Mesin solder otomatis
n  Bor otomatis
n  10 Printer 3D
n  80 PLC (Programmable Logic Control)
n  100 Osilator
n  10 Network analizer

Perangkat Lunak
n  Mac OS 10
n  MS office 2016 original
n  Corel Draw 9 original
n  Photo shop 5.5 original 
n  Proteus 8.0
n  Eagle
n  Corel Draw 9 original
n  Photo shop 5.5 original 
n  Software bawaan PLC
n  ACDC 6.0 original
n  Solidwork
n  Autocad
n  3D animation


Total biaya investasi = Rp 30.000.000.000.000,-

Biaya Operasional
n  Pajak bumi dan bangunan
n  Beli gudang dan pabrik seluas 1,2 x 1,2 Km
n  Listrik selama 10 setahun
n  Telepon selama 10  setahun
n  Perlengkapan kantor 10 setahun
n  Komponen elektronik seperlunya
n  Karyawan sebanyak 10000 orang dari berbagai tingkatan

Total biaya Operasional = Rp 20.000.000.000.000

Total Biaya = Biaya Investasi + Biaya Operasional
Rp. 30.000.000.000.000  + Rp. 80.000.000.000  = Rp. 30.080.000.000.000,-

Pendapatan

Target penjualan satelit kaleng (1tahun) x rata2 harga = 50.000.000 x 3 x 50 = 7.500.000.000,00 Rupiah
Target penjualan drone (1tahun) x rata2 harga =40.000.000 x 3 x 60 = 7.200.000.000,00 Rupiah
Target penjualan antena (1tahun) x rata2 harga =20.000.000 x 3 x 50 = 3.000.000.000,00 Rupiah
Produk setahun, harga penjualan x 3 x target penjualan = xxxx pertahun
total pendapatan ( per tahun ) = 17.700.000.000,00 Rupiah

Keuntungan

Keuntungan = Pendapatan - Total Biaya
17.700.000.000 – (30.080.000.000:10) = 14.692.000.000


Revenue Cost Ratio (R/C)

R/C = Pendapatan : Total Biaya
Rp. 17.700.000.000 : Rp. (30.080.000.000:10)= 5,88

R/C sebesar 0,588 menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 1 yang dikeluarkan akan menghasilkan RP. 5,88


Break Event Point (BEP)

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 30.080.000.000 : Rp 110.000.000 Rp  =  273,45 keping

BEP Harga = Total Biaya : Total Produksi
Rp. 30.080.000.000 : 160 keping = Rp. 188.000.000/keping


Angkat tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak 273,45 keping/tahun dan tingkat harga jual Rp. 188.000.000/keping

0 komentar: