ENKRIPSI

Pengertian Enkripsi

Enkripsi adalah bentuk modern dari kriptografi yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan informasi dari orang lain. Enkripsi menggunakan algoritma yang kompleks yang disebut cipher dalam rangka untuk mengubah data normal (plaintext) menjadi serangkaian karakter acak (ciphertext) yang tidak dapat dibaca oleh orang-orang tanpa kunci khusus yang membuat data tersebut terdekripsi. Mereka yang memiliki kunci dapat mendekripsi data untuk melihat plaintext dari karakter string acak ciphertext.Dua metode enkripsi yang paling banyak digunakan adalah Public key (asymmetric) encryption dan Private key (symmetric) encryption. Keduanya sama dalam arti bahwa keduanya memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi data untuk menyembunyikannya dari orang lain, dan kemudian mendekripsi data tersebut dalam rangka untuk mengakses plaintext asli. Namun, mereka berbeda dalam cara mereka menangani langkah antara enkripsi dan dekripsi.

Public Key Encription

Public Key atau enkripsi asimetris menggunakan penerima Public Key serta mencocokan Private Key. Misalnya, jika Niko dan Niki keduanya memiliki kunci untuk sebuah kotak, dengan Niko memiliki Public Key dan Niki memiliki Private Key yang cocok, Niko bisa menggunakan kunci untuk membuka kotak dan meletakkan segala sesuatu ke dalamnya, tapi dia tidak akan mampu untuk melihat barang-barang sudah ada di sana, juga tidak akan dapat mengambil apa-apa. Niki, di sisi lain, bisa membuka kotak dan melihat semua item di dalam maupun menghapusnya saat ia melihat kecocokan dengan menggunakan Matching Private Key (Pencocokan). Namun, Niki tidak bisa menambahkan sesuatu ke kotak tanpa memiliki kunci publik tambahan. Dalam arti digital, Niko dapat mengenkripsi plaintext (dengan Public Key), dan mengirimkannya ke Niki, tapi hanya Niki (dan Matching Private Key) yang bisa mendekripsi ciphertext kembali ke plaintext. Public Key (dalam skenario ini) digunakan untuk mengenkripsi ke ciphertext, sedangkan Private Key digunakan untuk mendekripsi kembali ke plaintext. Niki hanya akan membutuhkan Private Key untuk mendekripsi pesan Niko, tapi dia perlu akses ke Public Key tambahan untuk mengenkripsi pesan dan mengirimkannya kembali ke Niko. Niko di sisi lain tidak bisa mendekripsi data dengan Public Key, tapi ia bisa menggunakannya untuk mengirim Niki pesan yang terenkripsi.

Private Key Encryption

Perbedaan Private Key atau enkripsi simetris dengan Public Key terletak pada tujuan kunci itu sendiri. Masih dua kunci yang diperlukan untuk berkomunikasi, tetapi masing – masing tombol ini sekarang pada dasarnya sama. Misalnya, Niki dan Niko keduanya memiliki kunci ke kotak, tetapi dalam skenario ini kunci yang mereka miliki melakukan hal yang sama. Keduanya kini dapat menambah atau menghapus sesuatu  dari kotak. Berbicara secara digital, Niko sekarang dapat mengenkripsi pesan serta mendekripsi dengan kuncinya. Niki dapat melakukan hal yang sama dengan miliknya.

Jenis-Jenis Enkripsi di Era Modern

  • Algoritma Symmetric key menggunakan kunci enkripsi yang terkait atau identik untuk enkripsi dan dekripsi.
  • Algoritma Asymmetric key menggunakan kunci berbeda untuk enkripsi dan dekripsi. Biasanya ini disebut sebagai Public-key Cryptography.

Enkripsi Symmetric key

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??
Algoritma sysmmetric-key dapat dibagikan kepada stream cipher dan block cipher. Stream cipher mengenkripsi satu per satu bit dari pesan, dan block cipher mengamil beberapa bit, biasanya 64bit dan mengenkripsi mereka menjadi satu bagian. Ada banyak algoritma berbeda dari symmetric termasuk Twofish, Serpent, AES (Rijndael), Blowfish, CAST5, RC4, TDES, and IDEA.

Enkripsi Asymmetric key

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??
Enkripsi asymmetric menggunakan kunci yang berbeda untuk enkripsi dan dekripsi. Penerima pesan memiliki sebuah kunci pribadi dan kunci publik. Kunci publik diberikan ke pengirim pesan dan mereka menggunakan kunci publik untuk melakukan enkripsi pesan. Penerima menggunakan kunci pribadi untuk membuka pesan enrkipsi yang telah dienkripsi menggunakan kunci publik si penerima.
Ada satu keuntungan melakukan enkripsi dengan menggunakan metode ini. Kita tidak perlu mengirim sesuatu yang rahasia (seperti kunci enkripsi kita atau password) melalui saluran yang tidak aman. Kunci publik kamu akan leihat ke dunia dan itu bukan rahasia. Kunci rahasia kamu akan tetap aman di komputer kamu, dimana itu tempatnya.

Keamanan Enkripsi di Bidang Web

Selama bertahun-tahun, protokol SSL (Secure Sockets Layer) telah mengamankan transaksi web menggunakan enkripsi antara web browser dan web server. SSL sendiri memiliki konsep yang sederhana. Dimulai ketika browser meminta halaman yang aman (biasanya https://). Web server mengirimkan kunci publik dengan sertifikat. Browser memeriksa sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak terpercaya (biasanya CA), bahwa sertifikat tersebut masih berlaku dan sertifikat masih berkaitan dengan web tersebut. Browser kemudian menggunakan kunci publik untuk mengenkripsi kunci symmetric secara acak dan mengirimkannya ke server dengan URL terkenkripsi,membutuhkan juga enkripsi http data. Web server mendekripsi enkripsi symmetric key menggunakan kunci pribadi dan menggunakan kunci sysmmetric untuk mendekripsi URL dan http data. Web server mengirimkan kembali permintaan dokumen html dan enkripsi http data dengan browser symmetric key. Browser mendekripsi http data dan dokumen html menggunakan symmetric key dan menampilkan informasi.
Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Teknologi Enkripsi Modern

Teknologi modern menggunakan algoritma enkripsi yang lebih canggih serta ukuran kunci yang lebih besar dalam rangka untuk lebih menyembunyikan data yang dienkripsi. Semakin besar ukuran kunci, mungkin serangan brute-force harus dijalankan untuk berhasil mendekripsikan ciphertext. Semakin besar ukuran kunci, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan enkripsi menggunakan brute-force akan semakin lama. Sebagai contoh, kunci 56-bit dan kunci 64-bit nilai terlihat dekat, namun kunci 64-bit 256 kali lebih keras untuk dipecahkan dari pada kunci 56-bit. Kebanyakan enkripsi modern menggunakan minimal kunci 128-bit, beberapa juga ada yang menggunakan kunci 256-bit atau lebih. Untuk memecahkan kunci 128-bit akan memerlukan serangan brute-force untuk menguji lebih dari 339.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 kombinasi tombol, mungkin.

Source : https://winpoin.com/winexplain-apa-itu-enkripsi-dan-bagaimana-cara-kerjanya/
http://www.pintarkomputer.com/penjelasan-lengkap-cara-kerja-enkripsi/ 
https://id.wikipedia.org/wiki/Enkripsi

0 komentar: