TUGAS V-CLASS1 (KOMUNIKASI dIGITAL)

DEFINISI KOMUNIKASI DIGITAL
TUGAS V-CLASS 1

1. Sebutkan dan jelaskan macam-macam saluran komunikasi yang sekarang ini umum dipakai.
2.  Jelaskan ciri atau spesifikasi Frequency Shift Keying (FSK) dan Binary Frequency Shift
     Keying (BFSK)
3.  Jelaskan  tentang  Pulsa Code Modulation
4.  Jelaskan tentang jaringan satelit, sebutkan kelebihan dan kekurangan jaringan satelit.

JAWAB
1.  Sebutkan dan jelaskan macam-macam saluran komunikasi yang sekarang ini umum dipakai.
Saluran Antar Pribadi
Media antar pribadi (inter perssonal), adalah media yang memungkinkan para pihak yang berkomunikasi dapat berkomunikasi secara langsung, baik dengan tatap muka (ex: percakapan antar individu, diskusi dalam kelompok kecil, pertemuan di dalam maupun di luar ruangan), atau menggunakan alat (ex: melalui telepon, chating, video call dan menggunakan teleconference).
Lionberger dan Gwin (1982), mengemukakan dua ciri yang harus diperhatikan dalam penerapan saluran antar pribadi, yaitu:
a)    Saluran antar pribadi sebenarnya merupakan saluran ganda (multi channels), di dalam berkomunikasi tatap muka memperhatikan bahasa yang digunakan, serta menyangkut ekspresi raut muka, pakaian yang dikenakan, tingkat kelantangan suara, waktu dan tempat yang tepat untuk berkomunikasi.
b)   Saluran antar pribadi sering menghadapi hambatan (barrier) yang berupa: kesenjangan budaya, generalisasi yang salah, serta perilaku yang mencurigakan

Saluran Media Masa
Saluran media masa adalah segala bentuk media masa (media cetak, media elektronik, dan multi media) yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkomunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan mereka.
Yang termasuk dalam media cetak adalah surat kabar, tabloid, majalah, jurnal ilmiah, poster, leaflet, folder, serta brosur. Media elektronik dapat berbentuk audio suara (ex: radio, pita rekaman atau tipe recorder dan CD/compact disc), atau audio visual (ex: film, TV,VCD). Serta multi media merupakan segala bentuk produk media (cetak dan audio visual) yang digabungkan dalam satu peket media komunikasi.

Media masa biasanya lebih efektif dan lebih murah untuk mengenalkan inovasi pada tahap-tahap penyadaran dan menumbuhkan minat, tetapi saluran/media ini memiliki kelemahan-kelemahan yang mencakup:
-        Pesan yang disampaikan sering kurang jujur,
-       Bahasa dan kalimat (istilah) yang digunakan seringkali kurang akrab dengan masyarakat penerima manfaatnya,
-        Isi pesan sering kurang memperhatikan kebutuhan pembangunan masyarakat,
-        Isi pesan sering kali terlalu berorientasi kepada masalah-masalah teknis,
-        Isi pesan kurang memperhatikan sistem nilai yang berlaku di dalam masyarakat.

Forum Media
Forum media adalah saluran komunikasi yang berupa sekelompok kecil orang yang dapat saling tatap muka untuk berkomunikasi (mendiskusikan pesan-pesan tertentu) yang diterima media masa. Bentuk-bentuk forum media yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah: kelompok belajar, kelompok pendengar, dan kelompok pencapir ( kelompok pendengar, pembaca, dan pemirsa televisi).

2.  Jelaskan ciri atau spesifikasi Frequency Shift Keying (FSK) dan Binary Frequency Shift Keying (BFSK)
Frequency Shift Keying (FSK) atau pengiriman sinyal melalui penggeseran frekuensi. Metode ini merupakan suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. Dalam proses modulasi ini besarnya frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan ada atau tidak adanya sinyal informasi digital. Dalam proses ini gelombang pembawa digeser ke atas dan ke bawah untuk memperoleh bit 1 dan bit 0. Kondisi ini masing-masing disebut space dan mark.
Bentuk dari modulated Carrier FSK mirip dengan hasil modulasi FM. Secara konsep, modulasi FSK adalah modulasi FM, hanya disini tidak ada bermacammacam variasi/deviasi ataupun frekuensi, yang ada hanya 2 kemungkinan saja, yaitu More atau Less (High atau Low, Mark atau Space). Tentunya untuk deteksi (pengambilan kembali dari kandungan Carrier atau proses demodulasinya) akan lebih mudah, kemungkinan kesalahan (error rate) sangat minim/kecil. Umumnya tipe modulasi FSK dipergunakan untuk komunikasi data dengan Bit Rate (kecepatan transmisi) yang relatif rendah, seperti untuk Telex dan ModemData dengan bit rate yang tidak lebih dari 2400 bps (2.4 kbps). Pergeseran requency keying (FSK) adalah, bentuk-kinerja rendah relatif sederhana modulasi digital. Biner FSK adalah bentuk FSK dimana sinyal input hanya dapat memiliki dua nilai yang berbeda (maka nama biner). Biner FSK adalah bentuk konstan-amplop modulasi sudut yang mirip dengan modulasi frekuensi konvensional kecuali bahwa sinyal modulasi bervariasi antara dua tingkat tegangan diskrit (yaitu, 1 dan 0 itu) daripada dengan nilai terus berubah, seperti gelombang sinus. Biner FSK adalah bentuk paling umum dari FSK. Dengan Binary FSK, pusat atau frekuensi pembawa digeser oleh sinyal input biner. Akibatnya, output dari modulator FSK adalah fungsi langkah dalam domain frekuensi. Sebagai biner perubahan sinyal input dari logika 0 ke logika 1 dan sebaliknya, pergeseran sinyal output FSK antara dua frekuensi; tanda atau logika 1 frekuensi dan ruang atau logika 0 frekuensi. Sebuah gambar GUI yang dikembangkan untuk percobaan ini ditunjukkan seperti di bawah. Melalui pengguna GUI dapat dapat melihat input biner serta frekuensi output yang berbeda-beda.

3.  Jelaskan tentang Pulsa Code Modulation
PCM (Pulsa Code Modulation) merupakan metode umum untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Dalam sistem digital, sinyal analog yang dikirimkan cukup dengan sampel-sampelnya saja. Sinyal suara atau gambar yang masih berupa sinyal listrik analog diubah menjadi sinyal listrik digital melalui 4 tahap utama, yaitu :
1.      Sampling adalah : proses pengambilan sample atau contoh besaran sinyal analog pada titik tertentu secara teratur dan berurutan
Frekuensi sampling harus lebih besar dari 2 x frekuensi yang disampling (sekurang-kurangnya memperoleh puncak dan lembah).
2. Quantisasi : Proses menentukan segmen-segmen dari amplitudo sampling dalam level-level kuantisasi. Amplitudo dari masing-masing sample dinyatakan dengan harga integer dari level kuantisasi yang terdekat.
3. Pengkodean : proses mengubah (mengkodekan) besaran amplitudo sampling ke bentuk kode digital biner.
4.  Multiplexing : dari banyak input menjadi satu output fungsi untuk penghematan transmisi Menjadi dasar penyambungan digital.

4. Jelaskan tentang jaringan satelit, sebutkan kelebihan dan kekurangan jaringan satelit.
Jaringan Satelit Digunakan untuk komunikasi jarak jauh terutama pada daerah daerah yang cakupannya luas dan belum ada jaringan telepon.
-  Kelebihan jaringan satelit :
·  Koneksi dimana saja. Tidak perlu LOS (Line of Sigth) dan tidak ada masalah dengan jarak.
·  Jangkauan cakupannya yang luas baik nasional, regional maupun global.
·  Pembangunan infrastrukturnya relatif cepat untuk daerah yang luas, dibanding teresterial,
·  Komunikasi dapat dilakukan baik titik ke titik maupun dari satu titik ke banyak titik secara broadcasting, multicasting,
·   Kecepatan bit akses tinggi dan bandwidth lebar,
·   VSAT bisa dipasang dimana saja selama masuk dalam jangkauan satelite,
·  Handal dan bisa digunakan untuk koneksi voice, video dan data, dengan menyediakan bandwidth yang lebar,
·  Jika ke internet jaringan akses langsung ke ISP/ NAP router dengan keandalannya mendekati 100%,
·  Sangat baik untuk daerah yang kepadatan penduduknya jarang dan belum mempunyai infrastuktur telekomunikasi.

-        Kekurangan jaringan satelit :
·  Besarnya throughput akan terbatasi karena delay propagasi satelitegeostasioner. Kini berbagai teknik protokol link sudah dikembangka sehingga dapat mengatasi problem tersebut. Diantaranya penggunaan Forward Error Correction yang menjamin kecilnya kemungkinan pengiriman ulang,
·    Waktu yang dibutuhkan dari satu titik di atas bumi ke titik lainnya melalui satelite adalah sekitar 700 milisecond (latency), sementara leased line hanya butuh waktu sekitar 40 milisecond. Hal ini disebabkan oleh jarak yang harus ditempuh oleh data yaitu dari bumi ke satelite dan kembali ke bumi. Satelite geostasioner sendiri berketinggian sekitar 36.000 kilometer di atas permukaan bumi.
·    Sangat sensitif cuaca dan Curah Hujan yang tinggi, Semakin tinggi frekuensi sinyal yang dipakai maka akan semakin tinggi redaman karena curah hujan.
·     Rawan sambaran petir.

Source : http://www.softilmu.com/2015/10/Pengertian-Fungsi-Macam-Macam-Cara-Kerja-Satelit-Adalah.html

0 komentar: