SECURITY SISTEM KOMPUTER

Computer security system merupakan suatu metode keamanan informasi yang diaplikasikan pada komputer dan jaringannya. Tujuannya adalah untuk membuat suatu pengamanan kepada user terhadap serangan cyber crime di sebuah sistem yang berbasis informasi. Tujuan utama dari keamanan komputer antara adalah perlindungan informasi terhadap pencurian atau pengambilan yang tidak diizinkan oleh sistem, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.
Sistem keamanan komputer adalah usaha yang diterapkan untuk dapat mengamankan kinerja dan proses komputer dalam sebuah sistem. Pendekatan yang  yang dilakukan untuk meningkatkan keamanan komputer yaitu dengan memberikan batas terhadap akses fisik pada komputer, menerapkan mekanisme kemanan di perangkat keras dan juga pada sistem operasi untuk keamanan komputer.

Definisi Keamanan Komputer menurut para ahli
Menurut John D. Howard dalam bukunya “An Analysis of security incidents on the internet” menyatakan bahwa : “pengertian dari Keamanan komputer adalah suatu tindakan pencegahan perangkat dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab”.
Menurut Gollmann pada tahun 1999 menyatakan bahwa : “pengertian dari Keamanan komputer yaitu berhubungan dengan pencegahan diri/ proteksi dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam sistem komputer”.

Jenis Jenis keamanan Komputer
Jenis jenis keamanan komputer bedasarkan sistemnya :
·         Network Topology
Pada sebuah jaringan komputer terdapat beberapa jaringan yang bisa dibagi beberapa kelompok jaringan eksternal (Internet atau pihak luar) kelompok jaringan internal dan kelompok jaringan eksternal diantaranya disebut DeMilitarized Zone (DMZ).

·         IDS / IPS
Intrusion detection system (IDS) dan Intrusion Prevention system (IPS) merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mendeteksi dan melindungi sebuah sistem keamanan dari serangan pihak luar atau dalam.
Pada IDS yang berbasiskan jaringan komputer , IDS akan menerima salinan paket yang ditujukan pada sebuah host dan kemudian IDS tersebut memeriksa paket-paket tersebut. Jika ditemukan adanya paket yang berbahaya dan mengancam, maka IDS akan memberikan peringatan pada pengelola/administrator dari sistem tersebut.
Karena paket yang diperiksa adalah salinan dari paket paket yang asli, maka jika ditemukan paket yang berbahaya dan mengancam maka paket tersebut akan tetap mancapai host yang ditujunya. Sebuah IPS bersifat lebih aktif daripada IDS. IPS Bekerja sama dengan firewall, sebuah IPS dapat memberikan keputusan apakah sebuah paket dapat diterima atau tidak oleh sistem.
Kemudian apabila IPS menemukan paket yang dikirimkan adalah paket berbahaya, maka IPS akan memberitahu firewall pada sistem untuk dapat menolak paket data itu. Dalam membuat keputusan apakah sebuah paket data berbahaya atau tidak, IDS dan IPS dapat memnggunakan metode “Signature based Intrusion Detection System” dan ” Anomaly based Intrusion Detection” 

·         Security Information Management
Salah satu alat bantu yang sering digunakan oleh pengelola ataupun administrator keamanan jaringan komputer adalah Security Information Management (SIM). Keamanan informasi manajemen ini berfungsi untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan pengamanan jaringan komputer secara central dan terpusat. Seiring perkembangannya SIM tidak hanya berfungsi untuk mengumpulkan data dari semua perangkat keamanan di jaringan komputer tapi juga memiliki kemampuan untuk mengolah dan menganalisis data melalui teknik korelasi dan query data sehingga mampu memberikan  peringatan dan laporan yang lebih lengkap dari masing-masing serangan yang mengganggu keamanan komputer. Dengan menggunakan SIM ini, pengelola atau administrator jaringan komputer dapat mengetahui secara efektif jika terjadi serangan atau gangguan yang terjadi sehingga dapat melakukan penanganan yang lebih cepat dan terarah, sehingga organisasi keamanan jaringan komputer tersebut lebih terjamin dan terjaga.

·         Packet Fingerprinting

Jenis keamanan pada sistem ini yaitu dengan melakukan packet fingerprinting, dimana pada keamanan ini kita dapat mengetahui peralatan apa saja yang ada dalam sebuah jaringan komputer. Hal ini sangat berguna terutama dalam sebuah organisasi besar di mana terdapat berbagai jenis peralatan jaringan komputer serta sistem operasi yang digunakan sehingga lebih mudah dalam mengontrol penggunaan jaringan dari sebuah sistem untuk benyak komputer yang terhubung

·         Port Scanning
pada Jenis keamanan komputer dengan metode Port Scanning pada umumnya sering digunakan oleh penyerang untuk mengetahui port apa saja yang terbuka dalam sebuah sistem jaringan komputer. Cara kerjanya dapat digambarkan dengan mengirimkan paket inisiasi koneksi ke setiap port yang sudah ditentukan sebelumnya. maka dari itu jika port scanner menerima jawaban dari port lain, maka ada aplikasi yang akan bekerja ketika menerima koneksi pada port tersebut.

Aspek-aspek keamanan komputer
Inti dari keamanan komputer adalah melindungi komputer dan jaringannya dengan tujuan mengamankan informasi yang berada di dalamnya. Keamanan komputer sendiri meliputi beberapa aspek , antara lain :
  1. Privacy  :  adalah sesuatu yang bersifat rahasia (private). Intinya adalah pencegahan agar informasi tersebut tidak diakses oleh orang yang tidak berhak. Contohnya adalah email atau file-file lain yang tidak boleh dibaca orang lain meskipun oleh administrator.
  2. Confidentiality  : merupakan data yang diberikan ke pihak lain untuk tujuan khusus tetapi tetap dijaga penyebarannya. Contohnya data yang bersifat pribadi seperti : nama, alamat, no ktp, telpon dan sebagainya.
  3. Integrity  : penekanannya adalah sebuah informasi tidak boleh diubah kecuali oleh pemilik informasi. Terkadang data yang telah terenskripsipun tidak terjaga integritasnya karena ada kemungkinan chapertext dari enkripsi tersebut berubah. Contoh : Penyerangan Integritas ketika sebuah email dikirimkan ditengah jalan disadap dan diganti isinya, sehingga email yang sampai ketujuan sudah berubah.
  4. Autentication : ini akan dilakukan sewaktu user login dengan menggunakan nama user dan passwordnya. Ini biasanya berhubungan dengan hak akses seseorang, apakah dia pengakses yang sah atau tidak.
  5. Availability  : aspek ini berkaitan dengan apakah sebuah data tersedia saat dibutuhkan/diperlukan. Apabila sebuah data atau informasi terlalu ketat pengamanannya akan menyulitkan dalam akses data tersebut. Disamping itu akses yang lambat juga menghambat terpenuhnya aspek availability. Serangan yang sering dilakukan pada aspek ini adalah denial of service (DoS), yaitu penggagalan service sewaktu adanya permintaan data sehingga komputer tidak bisa melayaninya. Contoh lain dari denial of service ini adalah mengirimkan request yang berlebihan sehingga menyebabkan komputer tidak bisa lagi menampung beban tersebut dan akhirnya komputer down.
Jenis Ancaman Komputer :
1. Virus
Prinsip Virus adalah suatu program yang dapat berkembang dengan menggandakan dirinya. Melalui mekanisme penggandaan diri ini, mekanisme virus digunakan untuk berbagai jenis ancaman keamanan sistem komputer, seperti: menampilkan suatu pesan tertentu, merusak file system, mencuri data, hingga mengendalikan komputer pengguna.Virus dapat menggandakan dirinya melalui email, file-file dokumen dan file program aplikasi.
2. Email Virus
Tipe virus yang disisipkan di attachment email. Jika attachment dibuka maka akan menginfeksi komputer. Program virus tersebut akan mendata daftar alamat akun email pengguna. Secara otomatis virus akan mencopy dirinya dan mengirim email ke daftar akun email. Umumnya akan mengirim mass email, memenuhi trafik jaringan, membuat komputer menjadi lambat dan membuat down server email.
3. Internet Worms
Worm adalah sejenis program yang bisa mengcopy dan mengirim dirinya via jalur komunikasi jaringan Internet. Umumnya menyerang melalu celah/lubang keamanan OS komputer. Worm mampu mengirim paket data secara terus menerus ke situs tertentu via jalur koneksi LAN/Internet. Efeknya membuat trafik jaringan penuh, memperlambat koneksi dan membuat lambat/hang komputer pengguna. Worm bisa menyebar melalui email atau file dokumen tertentu.
4. Spam
Spam adalah sejenis komersial email yang menjadi sampah mail (junkmail). Para spammer dapat mengirim jutaan email via internet untuk kepentingan promosi produk/info tertentu. Efeknya sangat mengganggu kenyamanan email pengguna dan berpotensi juga membawa virus/worm/trojan.
5. Trojan Horse
Trojan adalah suatu program tersembunyi dalam suatu aplikasi tertentu. Umumnya disembuyikan pada aplikasi tertentu seperti: games software, update program, dsb. Jika aktif maka program tersebut umumnya akan mengirim paket data via jalur internet ke server/situs tertentu, atau mencuri data komputer Anda dan mengirimkannya ke situs tertentu. Efeknya akan memenuhi jalur komunikasi, memperlambat koneksi, membuat komputer hang, dan berpotensi menjadikan komputer Anda sebagai sumber Denidal Of Services Attack.
6. Spyware
Spyware adalah suatu program dengan tujuan menyusupi iklan tertentu (adware) atau mengambil informasi penting di komputer pengguna. Spyware berpotensi menggangu kenyamanan pengguna dan mencuri data-data tertentu di komputer pengguna untuk dikirim ke hacker. Efek spyware akan menkonsumsi memory komputer sehingga komputer menjadi lambat atau hang
7. Serangan Brute-force
Serangan brute-force adalah sebuah teknik serangan terhadap sebuah sistem keamanan komputer yang menggunakan percobaan terhadap semua kunci yang mungkin. Pendekatan ini pada awalnya merujuk pada sebuah program komputer yang mengandalkan kekuatan pemrosesan komputer dibandingkan kecerdasan manusia. Istilah brute force sendiri dipopulerkan oleh Kenneth Thompson, dengan mottonya: “When in doubt, use brute-force” (jika ragu, gunakan brute-force). Teknik yang paling banyak digunakan untuk memecahkan password, kunci, kode atau kombinasi. Cara kerja metode ini sangat sederhana yaitu mencoba semua kombinasi yang mungkin. Sebuah password dapat dibongkar dengan menggunakan program yang disebut sebagai password cracker. Program password cracker adalah program yang mencoba membuka sebuah password yang telah terenkripsi dengan menggunakan sebuah algoritma tertentu dengan cara mencoba semua kemungkinan. Teknik ini sangatlah sederhana, tapi efektivitasnya luar biasa, dan tidak ada satu pun sistem yang aman dari serangan ini, meski teknik ini memakan waktu yang sangat lama, khususnya untuk password yang rumit.

Source : https://www.mbahpc.net/2016/10/pengertian-keamanan-komputer-dan-jenis-jenis-keamanan-komputer-bedasarkan-sistemnya.html
https://andrians07.wordpress.com/2014/05/10/security-sistem-komputer/
https://ubay16.wordpress.com/2014/05/06/security-sistem-komputer/

0 komentar: