Proposal Bisnis
03.20
By
Adi Septiyawan
0
komentar
Proposal
Bisnis
Nama Perusahaan : Garuda
Phoenix Technology
Alamat : Green Office
Park (Sentul), Jalan Siliwangi No.
195, Sentul City, Bogor
Telepon :
0251 – 1042450
Ringkasan Eksekutif
Kami sebagai pemilik
perusahaan dan pengambil keputusan berkomitmen menjalankan
perusahaan secara professional agar bisa menyelesaikan produk tepat waktu sekaligus bisa memasarkan produk kami
dengan baik.
Target produksi kami satu tahun ke depan adalah membuat 2 buah produk, yaitu:
Sebuah satelit kaleng (cansat), drone
(UAV) dan antena. Masing-masing produk akan kami
selesaikan dalam waktu empat bulan.
Tujuan
Dalam menjalani usaha, kami mempunyai tujuan yang terencana dengan
baik, yaitu tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
Tujuan jangka pendek:
Kami akan membuat produk yang berbasis aeronatik dan sistem telekomunikasi , yaitu satelit
kaleng(cansat), drone, dan antena. Pangsa pasar kami adalah kalangan umum dan
instituti pendidikan, perusahaan
broadcaster dan telekomunikasi serta badan yang berwenang dalam penanggulangan
bencana.
Jangka menengah:
Dengan produk yang telah kami buat diharapkan
masyarakat dan perusahaan terkait di bidangnya mendapatkan kemudahan akses
jaringan telekomunikasi yang lebih baik menggunakan produk antena dari kami.
Dengan produk satelite kaleng masyarakat dapat mendapatkan alternatif dalam
akses telekomunikasi, pemetaan dan pendeteksian lokasi suatu bencana seperti
kebakaran hutan dengan efektfif. Dengan drone bisa dimanfaatkan dalam
jurnalisme, pembuatan video dan film serta sekedar menyalurkan hobi untuk
kalangan komunitas dan masyarakat.
Jangka Panjang:
Kami akan terus berinovasi
dalam produk kami, menjaga eksistensi, menambah kualitas produk
yang sudah ada dan mengembangkan lagi
dengan teknologi terbarukan serta menambah kualitas pelayanan jasa perusahaan
kami agar perusahaan dapat bersaing dan bertahan dalam tantangan globalisasi.
Misi dan Visi Perusahaan
Visi :
Menjadi perusahaan yang unggul dalam pengembangan telecommunication dan aeronautics
Misi :
n Produk dan
layanan yang berkualitas
n Transformasi alternatif teknologi
n Inovasi tanpa batas guna menjadikan produk unggul
di dalam dan luar negeri
Sekilas Perusahaan
Garuda Phoenix Technology
adalah perusahaan pengembangan teknologi
telekomunikasi dan aeronatik yang membuat dan
mengembangkan satelit kaleng(cansat),
drone dan antena komunikasi yang berkualitas, dan selalu mengedepankan teknologi terbarukan.
Kepemilikan Perusahaan
Garuda Phoenix Technology
adalah perusahaan bersama yang dimiliki oleh Adi Septiyawan, Joko Fristiyono.
Sejarah Singkat Perusahaan
Garuda Phoenix Technology
adalah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang telekomunikasi
dan aeronautik, khususnya pembuatan satelit kaleng, drone dan antena
untuk keperluan komunikasi, penelitian,
jurnalistik, dan peneggulangan bencana. Didirikan pada
30 September 2010 oleh Adi
Septiyawan dan Joko Fristiyono. Perusahaan ini
berlokasi di kawasan Green Office Park (Sentul), Jalan Siliwangi No. 195, Sentul City, Bogor.
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
Garuda Phoenix Technology berlokasi di kawasan Green
Office Park (Sentul), Jalan Siliwangi
No. 195, Sentul City, Bogor. Tempat usaha berupa
bangunan kantor dengan konsep green
office 17 lantai dengan luas 45x10m sebagi kantor pusat dan tempat produksi dan
maintenance bangunan kantor green office 3 lantai dengan luas 1500 meter
persegi.
Produk
Garuda Phoenix Technology
mempunyai 2
divisi produk, yaitu Aero Space dan Telecom Develop. Aero Space adalah divisi yang membuat satelite kaleng dan drone, sedangkan Telecom Develop adalah
divisi yang membuat dan mengembangkan
antena komunikasi.
Aero Space
n Satelit
Kaleng (Cansat)
n Drone
(UAV)
Telecom Develop
n Antena Omni
n Antena Grid
n Antena Sektoral
Deskripsi Produk
Aero Space
n Satelit
kaleng(Cansat)
Satelit kaleng CanSat merupakan jenis muatan roket yang digunakan untuk pembelajaran
teknologi angkasa. CanSat dapat juga disebut sebagai miniatur satelit. Tidak
ada CanSat yang pernah meniggalkan atmosphere atau mengorbit bumi. CanSat
umumnya memiliki volume berukuran minuman kaleng berdiameter 66mm, tinggi
115mm, dan bermassa dibawah 350g. Cansat akan ditanamkan kedalam roket, yang
kemudian akan dilepaskan saat ketinggian tertentu setelah peluncuran roket.
Komponen utama satelit Kaleng.
n
Sensor GPS (Global
Positioning System) sebagai representasi koordinat lokasi
CanSat.
n
Sensor Kamera sebagai pengambil citra yang
tertangkap melalui kamera yang terdapat pada CanSat dan akan dikirimkan ke stasion bumi.
n
Sensor IMU (Inertial Measurement Unit) sebagai representasi beberapa data telemetri
sensor yang akan dikirimkan ke stasion bumi.
n
Baterai
sebagai sumber daya CanSat
secara keseluruhan.
n
Radio
Telemetri dan Radio Kamera sebagai media antar muka yang
dapat berkomunikasi antara CanSat
dengan sistem yang berada di stasion bumi.
n
GCS (Ground Control System)
sebagai aplikasi yang memonitor dan menampilkan data telemetri serta
memvisualisasi hasil citra yang streaming melalui kamera yang terdapat di CanSat.
n Drone
(UAV)
Drone ini merupakan peswat
tanpa awak yang diterbangkan dengan remot atau dengan kontrol program secara
otonatis. Drone memiliki beberapa jenis tergantung jumlah baling-baling, ada 3
baling-baling (3Copter), 4 baling-baling (Quadcopter), 6 baling-baling
(Hexacopter) dan 8 baling-baling (Octacopter). Multicopter biasanya digunakan
untuk berbagai kepentingan terutama fotografi dan membuat film karena
baling-balingnya yang banyak sehingga cukup kuat untuk menopang berat kamera.
Drone semakin banyak baling-balingnya maka akan semakin stabil dan kuat untuk
menopang beban yang besar.
Telecom Develop
n Antena
Omni
Antena Omni berbentuk seperti
tongkat tapi kecil. Cakupan antena ini menyebar ke semua lingkaran. Antena
ini mempunyai sifat umum radiasi atau pancaran sinyal 360° tegak lurus ke atas. Berfungsi Melayani converage area yang luas
tetapi dalam jangkauan yang pendek. Antena ini cocok untuk koneksi hotspot atau
sistem point to multipoint (satu titik ke banyak titik).
n Antena
Grid
Antenna Grid adalah antena satu arah dan cocok
digunakan untuk client ataupun jaringan point to point. Antenna ini berfungsi
menangkap dan memperkuat sinyal jaringan tersebut. Pancaran antena ini lebih
fokus pada titik tertentu sesuai
pemasangannya. Komponen penyusun antenna grid :
a. Reflector (bagian belakang antenna) :
pemantul sinyal, dengan panjang fisik lebih
panjang
dari driven. Panjang biasanya adalah 0,55 λ (panjang gelombang).
b. Pole
c. Jumper : menghubungkan antenna
dengan radio.
n Antena
Sektoral
Antena sektoral digunakan untuk access point to
serve a point-point-to-multipoint (P2MP) links. Dapat menampung hingga 5
client. Antena ini ada yang vertikal dan horizontal. Pola pancaran horizontal
kebanyakan memancar ke arah antena ini diarahkan sesuai jangkauan dari sudut
pancarnya, sedangkan bagian belakang
antena tidak memiliki sinyal pancaran.
Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk
Produk kami adalah produk berkualitas yang berbeda dalam
bentuk penyajian dan karakteristiknya. Dengan penyesuaian perkembangan teknologi terabarukan
kami selalu mengeluarkan produk-produk unggulan dengan spesifikasi tinggi yang
mampu memenuhi kepuasan dan experience tersendiri untuk para konsumen serta
mampu bersaing dengan produk luar negeri. Pada setiap penjualan produk kami, kami akan selalu memberikan garansi service gratis selama 1 tahun dan
juga bonus spare part produk gratis bagi 5 konsumen pertama setiap pembelinya. yang tujuannya adalah menarik konsumen untuk menggunakan produk kami dengan
maksimal. Untuk harga,
kami akan menjualnya dengan beberapa range sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi tentunya dengan tujuan agar konsumen yang mampu membeli sesuai dengan kebutuhannya.
Analisis Pasar
Maraknya produk impor yang
masuk ke dalam negeri dengan harga yang lebih terjangkau belum menjamin
kualitas produk tersebut tinggi. Akan tetapi masyarakat mayoritas lebih memilih
produk-produk tersebut hanya karena faktor brand luar negeri. Oleh karena itu kami
membuat produk ini dengan dengan menawarkan spesifikasi tinggi dan juga user
experience yang berbeda sehingga konsumen dapat menikmati sesuai kebutuhan dan
tentunya kepuasan tersendiri akan produk dalam negeri.
Analisis Industri
Seperti yang diketahui bahwa telah cukup banyak perusahaan
yang telah memasarkan produk sama, akan tetapi
dari segi kualitas tentukan kami yakin bahwa produk kami dapat dapat bersaing di pasar di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan spesifikasi, mutu dan kualitas produk tinggi
dan dengan user experience yang berbeda kami menawarkan hal yang baru kepada
para konsumen sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Peramalan Pasar
Jika kelak tujuan jangka menengah kami sudah
tercapai,tentunya kami akan berusaha memberikan inovasi terbaru dengan pengembangan teknologi
terbarukan dan tetap
berkomitmen menjaga mutu dan kualitas dari produk dan pelayanan kami.
Strategi Pemasaran
Kami menerapkan strategi
pemasaran yang komprehensif meningkatkan penjualan perusahaan, termasuk
melalui aktivitas komunikasi pemasaran serta pengembangan jaringan distribusi
produk dan layanan. Serta mengajak
rekan developer dan perusahaan lokal dan internasional dalam hal pemasaran
produk kami melalui e-commerce maupun secara offline.
Organisasi
Perusahaan kami terdiri dari dua orang pendiri yang masing-masing akan mengepalai divisi
yang dipimpinnya.
Divisi
Produksi
§
Kepala Divisi Produk
Bertanggung jawab terhadap semua proses di Divisi ini
§
Pengawas
Produksi
Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang
berkualitas.
§
Product
designer
Bertanggung jawab dalam hal mendesign produk.
§
Programmer
Bertanggung jawab pada bagian software yang akan dipakai
di produk dan installasi software di
lokasi pemakaiannya.
§
Engineer
Bertanggung jawab di bagian teknis pabrik.
§
Quality
Control
Bertanggung jawab mengecek dan mengetes semua produk
sebelum di pasarkan.
Divisi
Keuangan dan Manajemen
n
Kepala
keuangan dan manajemen
Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan
operasional
n
Estimator
n
Administrasi Keunangan (Finance)
Divisi
Operasional dan Pemeliharan
n
Kepala
operasional dan pemeliharaan
Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara
perlengkapan kerja.
n
Pengawas Pelayanan
Jasa
Bertanggung jawab dalam memberikan jasa pemasangan,perawatan,
dan perbaikan yang
berkualitas terhadap konsumen
n
Teknisi
Divisi
Pemasaran
n
Kepala
pemasaran
Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.
n
Humas
n
Marketing
Struktur Organisasi
Estimasi Biaya
Biaya Investasi
Perlengkapan kantor
n 700 buah meja kerja
n 300 buah cabinet
n 1000 set kursi tamu
n 100 Dispenser
n 100 buah AC
n 10 meja tenis indoor
n 10 ring basket indoor
n 10 perpustakaan mini
Perangkat Keras
n 200 Scanner
n 300 Printer
n 150 kamera digital
n 10 Keyboard music
n 800 komputer apple mac OS
n 200 Scanner
n 620 Printer
n 800 keyboard dan mouse
n Mesin solder otomatis
n Bor otomatis
n 10 Printer 3D
n 80 PLC (Programmable Logic Control)
n 100 Osilator
n 10 Network analizer
Perangkat Lunak
n Mac OS 10
n MS office 2016 original
n Corel Draw 9 original
n Photo shop 5.5 original
n Proteus 8.0
n Eagle
n Corel Draw 9 original
n Photo shop 5.5 original
n Software bawaan PLC
n ACDC 6.0 original
n Solidwork
n Autocad
n 3D animation
Total biaya investasi = Rp
30.000.000.000.000,-
Biaya Operasional
n Pajak bumi dan bangunan
n Beli gudang dan pabrik seluas 1,2 x 1,2 Km
n Listrik selama 10 setahun
n Telepon selama 10 setahun
n Perlengkapan kantor 10 setahun
n Komponen elektronik seperlunya
n Karyawan sebanyak 10000 orang dari berbagai
tingkatan
Total biaya Operasional = Rp 20.000.000.000.000
Total Biaya =
Biaya Investasi + Biaya Operasional
Rp. 30.000.000.000.000 + Rp. 80.000.000.000
= Rp. 30.080.000.000.000,-
Pendapatan
Target penjualan satelit kaleng (1tahun) x rata2 harga = 50.000.000 x 3 x 50
= 7.500.000.000,00 Rupiah
Target penjualan drone (1tahun) x rata2 harga =40.000.000 x 3 x 60 = 7.200.000.000,00
Rupiah
Target penjualan antena (1tahun) x rata2 harga =20.000.000 x 3 x 50 = 3.000.000.000,00
Rupiah
Produk setahun, harga penjualan x 3 x target penjualan = xxxx pertahun
total pendapatan ( per tahun ) = 17.700.000.000,00 Rupiah
Keuntungan
Keuntungan =
Pendapatan - Total Biaya
17.700.000.000 – (30.080.000.000:10) = 14.692.000.000
Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C = Pendapatan
: Total Biaya
Rp. 17.700.000.000 : Rp. (30.080.000.000:10)= 5,88
R/C sebesar 0,588 menunjukkan bahwa
usaha tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 1 yang
dikeluarkan akan menghasilkan RP. 5,88
Break Event Point (BEP)
BEP Produksi =
Total Biaya: Harga Jual
Rp. 30.080.000.000 : Rp 110.000.000 Rp = 273,45 keping
BEP Harga =
Total Biaya : Total Produksi
Rp. 30.080.000.000 : 160 keping = Rp. 188.000.000/keping
Angkat tersebut menunjukkan bahwa investasi
akan berada dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak 273,45 keping/tahun dan
tingkat harga jual Rp. 188.000.000/keping
0 komentar: